Pekan pertama di bulan Desember ini, SDIT Al Ibrah melaksanakan SAS 1. Mungkin diantara kita belum tahu apa itu SAS. Jika dalam kurikulum 2013, Penilaian yang dilakukan di akhir semester dinamakan dengan PAS (Penilaian Akhir Semester), maka di kurikulum merdeka ini berganti nama dengan SAS (Sumatif Akhir Semester). Tujuan dilakukan SAS adalah untuk mengetahui ketercapaian ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang telah dijalani oleh peserta didik selama satu semester.
Di SDIT Al Ibrah, pelaksanaan SAS ini disesuaikan dengan SOP (Standart Operating Procedur) yang telah ditetapkan. Mulai dari guru harus membuat soal sesuai dengan level kognitif peserta didik, pembuatan kisi-kisi, kunci jawaban dilengkapi pula program remidial dan pengayaan. Selain itu, sekolah juga memastikan pelaksanan SAS berjalan lancar. Maka, dibentuk kepanitian khusus untuk kegiatan ini.
Dalam pelaksanaan SAS, guru bisa menggunakan instrument asesmen yang beragam sesuai kebutuhan. Selain menggunakan teknik asesmen berupa tes tulis, guru bisa juga menggunakan observasi dan performa ; berupa praktik, menghasilkan produk, atau melakukan proyek. Di kelas 1 misalnya, untuk pelajaran Bahasa Inggris, guru memberikan tes lisan yaitu menyebutkan nama-nama bilangan satu sampai sepuluh.
Sumatif akhir semester di SDIT Al Ibrah, tidak hanya menilai kemampuan di semua mata pelajaran. Namun juga mengevaluasi capaian ibadah harian : mulai dari hafalan hadis dan doa, bacaan dan gerakan salat serta wudhu para peserta didik.
Dalam setiap penilaian yang dilaksanakan, para peserta didik selalu ditekankan untuk senantiasa jujur dalam mengerjakan penilaian. Dengan demikian penilaian benar-benar dapat memberikan hasil evaluasi yang tepat sehingga guru bisa merancang pembelajaran yang sesuai kedepannya.
Recent Comments